Pakai Cello Untuk Mainkan Musik Metal

9:54 AM / Posted by metallic sucker and moslem militan /


Pernah lihat iklan rokok Xmild dimana ada beberapa cowok gondrong memainkan musik metal pakai cello, alat musik yang biasanya dipakai untuk memainkan musik klasik? Sebenarnya ide iklan ini tidak begitu kreatif, karena lebih dari sepuluh tahun yang lalu, Apocalyptica sudah memainkan musik metal dengan cello! Mulai dari lagu-lagu Metallica, Sepultura, Pantera dan Faith No More.

Apocalyptica adalah group yang terdiri dari empat musisi klasik asal Scandinavia. Pada tahun 1996 mereka merilis album "Plays Metallica by Four Cellos". Sesuai judul albumnya, mereka memainkan lagu-lagu dari raja musik metal, Metallica. Mulai dari lagu metal yang "lembut" dan melodius seperti "The Unforgiven", hingga nomor metal kencang seperti "Master of Puppets", "Welcome Home (Sanitarium)", "Enter Sandman", dan lain-lain.

Mereka memainkan lagu-lagu tersebut note for note, satu cello untuk mengganti suara bass, satu untuk rhytm guitar, satu untuk melody/lead guitar dan satu untuk mengganti vocal. Hasilnya, komposisi musik ala musik klasik yang super keren. Kalau orang yang tidak "kenal" lagu-lagu Metallica pasti akan menyangka ini adalah benar-benar lagu-lagu klasik. Dari sini saya jadi berpikir bahwa hal ini bisa dibalik, maksudnya materi musik klasik yang ada dari Bethoven, Mozart, dll pun artinya bisa dimainkan secara metal dengan instrumen seperti bass, guitar dan drums. Yeah!

Tidak sampai disitu saja, Apocalyptica juga merilis album lain dua tahun kemudian dan diberi judul "Inquisition Symphony". Mereka memainkan lagu-lagu Metallica juga, ditambah dengan lagu-lagu dari Sepultura, Pantera dan Faith No More! Pendekar-pendekar musik Metal yang super kencang!

Kalau anda penggemar musik klasik yang mau mendengarkan musik klasik yang agak "beda" atau anda penggemar musik metal yang ingin suasana lain, silahkan dapatkan album mereka:

http://www.amazon.com/Plays-Metallica-Four-Cellos-Apocalyptica/dp/B000001EMW/ref=sr_1_1/002-8305799-3511202?ie=UTF8&s=music&qid=1179189209&sr=8-1

http://www.amazon.com/Inquisition-Symphony-Apocalyptica/dp/B00000AFDY/ref=pd_bxgy_m_img_b/002-8305799-3511202?ie=UTF8&qid=1179189209&sr=8-1

Atau ke website Apocalyptica untuk mengenal mereka lebih jauh: http://www.apocalyptica.com

Di sana anda akan melihat kalau Apocalyptica bukan hanya do cover version, tapi mereka juga mempunyai lagu-lagu mereka sendiri.

Labels:

0 comments:

Post a Comment