About MALEVOLENT CREATION

10:08 AM / Posted by metallic sucker and moslem militan /

Malevolent Creation merupakan salah satu pionir utama death metal yang berasal dari daerah Buffalo, New York. Namun di tahun 1988 band ini pindah ke daerah Florida dan mulai menjadi satu band utama di scene death metal lokal. Debut album mereka dirilis oleh Roadrunner Records dengan titel The Ten Commandments yang diyakini sebagai salah satu rilisan utama berkembangnya musik death metal.

MALEVOLENT CREATION

Awalnya band ini dibentuk oleh mantan gitaris RESTHAVEN Phil Fasciana dan vokalis Brett Hoffmann di tahun 1987 yang berikutnya mengajak John Rubin sebagi gitaris kedua dan Mark Van Erp sebagai bassis serta Mark Simpson sebagai drummer. Mereka memulainya dengan merilis satu demo di tahun 1989 yang berisi tiga lagu, Injected Sufferage, Epileptic Seizure dan Violent Offspring. Demo ini sangat terbatas dan hanya direkam di 100 kaset. Di tahun 1990 mereka kembali merilis satu demo yang membawa mereka melakukan kontrak dengan label Roadracer Records

Rilisan awal yang beredar di tahun 1990, ‘The Ten Commandments’ menjadi awal tonggak utama mereka meraih popularitas meski harus dibayar mahal dengan keluarnya John Rubin dan Mark Van Erp yang kemudian digantikan oleh Jeff Juszkiewicz dan Jason Blachowicz.

Belum lama bergabung, di tahun 1991 giliran gitaris Jeff Juszkiewicz yang dikeluarkan dari band ini, padahal ketika itu mereka tengah melakukan tur di wilayah Amerika dan sebagai pengganti sementara, gitaris Monstrosity, John Rubin yang juga mantan personil band ini pun direkrut.

Di tahun 1992, album kedua dirilis dengan titel ‘Retribution’ yang kembali direkam di Studio Morrisound dengan bantuan Scott Burns sebagai enjiner. Selain itu band ini juga mendapat bantuan dari gitaris dan drummer Solstice, Rob Barret dan Alex Marquez untuk menyelesaikan proses rekaman.

Setahun kemudian album ketiga dirilis dengan titel ‘Stillborn’ yang kali ini mantan gitaris mereka, Jon Rubin memiliki kontribusi besar. Di sela-sela tur mendukung penjualan album baru, Malevolent Creation juga melakukan split album dengan tiga band lainnya yakni Cancer, Exhorder dan Suffocation yang diedarkan oleh Restless Records. Di tahun 1994, Phil Fasciana dan Rob Barret membentuk satu band projekan dengan nama Hateplow. Mereka juga mengajak Larry Hawke sebagai drummer.

Di tahun 1985 band ini keluar dari Roadrunner Records dan setahun kemudian album baru dirilis via Pavement dengan titel Eternal yang uniknya sang vokalis Brett Hoffman justru tidak terlibat dalam proses rekaman. Hoffman tengah disibukkan dengan projekannya menjadi vokalis untuk band death metal Swiss, Silent Death dan sebagai pengganti vokal ada bassis Jason Blachowicz. Sedangkan sebagai drummer ketika itu ditanggungjawabi oleh mantan drummer Disgorged dan Suffocation, Dave Culross.

Di tahun 1997 mereka merilis satu album “The Best Of” yang dikompilasikan dari rilisan-rilisan lama termasuk pengkoveran lagu ‘Raining Blood’ yang sejatinya milik band thrash metal, Slayer. Album ini dinamai dengan Joe Black dan dirilis oleh Pavement Records.

Masih di tahun 1997, komposisi personil kembali berubah menyusul bergabungnya drummer Derek Roddy menggantikan “Crazy” Larry Hawke yang meninggal secara tragis dalam peristiwa kebakaran di rumahnya sendiri. Derek Roddy sendiri belakangan juga dikenal sebagai salah satu drummer Nile. Dan di tahun ini juga mereka merilis album penuh kelima yang kali ini dinamai dengan ‘In Cold Blood’ yang juga dirilis oleh Pavement.

Setahun kemudian, album keenam dirilis dengan titel ‘The Fine Art of Murder’ ditandai dengan kembalinya sang vokalis asli, Brett Hoffman. Di album ini punggawa Malevolent Creation ada vokalis Brett Hoffman, gitaris Phil Fasciana dan Rob Barret, bassis Gordon Simms dan drummer Dave Culross. Sementara itu personil-personil lama mereka, gitaris John Paul Soars dan drummer Derrek Roddy berkonspirasi membentuk band baru dengan nama Divine Empire. Yang paling sibuk mungkin adalah John Soars yang juga bertanggung jawab menjaga eksitensi Solstice, Burner dan Wynjara pada saat itu.

Di tahun 2000 drummer Dave Culross terlibat projek menjadi drummer untuk band death metal Incantion untuk merilis album ‘Infernal Storm’. Dan disaat yang sama pula bersama Phil Fasciana dan Rob Barrett, band projekan mereka, Hateplow pun merilis album yang kemudian dinamai dengan ‘The Only Law Is Survival’ yang hebatnya di saat yang bersamaan pula di tahun tersebut Malevolent Creation juga merilis album baru bertitel ‘Envenomed’ beberapa bulan setelah rilisan album ‘The Best Of’ kedua mereka beredar.

Untuk menunjukkan kesan bahwa tidak ada persaingan terselubung antara Malevolent Creation dan band projekan Hateplow, di bulan Februari 2001 kedua band ini melakukan tur bersama ke wilayah Eropa yang justru sekembalinya dari tur membuat sang vokalis Brett Hoffman terpaksa dipolisikan akibat satu kasus kekerasan yang dilakukannya ketika itu. Padahal Malevolent Creation dijadwalkan untuk merilis album baru dan akhirnya ‘The Will To Kill’ beredar di tahun 2002 dengan bantuan vokalis Hateplow, Kyle Symons. Kondisi yang juga tidak berbeda dengan apa yang dialami oleh bassis mereka, Jason Blachowicz yang juga dipenjarakan akibat kasus pemukulan pada vokalis wanita Wykked Wytch. Posisi kosong Jason diisi oleh Gordon Simms.

Demi menjaga eksitensi dan mendukung penjualan album baru, Malevolent Creation terlibat tur besar ‘No Mercy’ melintasi Eropa medio Maret dan April 2002 yang juga diisi oleh Vader, Catastrophic, Destroyer 666, Hypocrisy, Disbelief, Immortal dan Obscenity. Khusus untuk konser mereka di Polandia, band ini berbagi panggung utama dengan Vomitory dan Septic Flesh.

Selain itu, untuk mendukung penjualan album ‘The Will To Kill’, band ini melakukan tur di wilayah Amerika bersama Cannibal Corpse dan di awal tahun 2003 melakukan tur bersama Bloodlet, Reflux, Dead To Fall, Between The Buried And Me dan juga Deeds Of Flesh.

Pada April 2003, band ini kembali diundang ke Eropa namun mereka datang tanpa membawa drummer Dave Culross melainkan dengan drummer Nile, Tony Laureano untuk tampil di “No Mercy” yang waktu itu juga menampilkan Testament, Marduk, Die Apokalyptischen Reiter, Death Angel, Pro-Pain, Darkane, Nuclear Assault dan Callenish Circle. Dan disaat yang bersamaan pula, Brett Hoffman dan Dave Culross dikonfirmasi berpartisipasi pada album tribute untuk band lawas Death yang diprakarsai James Murphy.

Pertengahan tahun 2004 album baru dirilis dengan titel ‘Warkult’ yang diedarkan oleh Nuclear Blast yang juga ditandai dengan kembalinya drummer Dave Culross. Album ini direkam di Studio Liquid Ghost di daerah Boca Raton, Florida yang juga berisi satu pengkoveran lagu ‘Jack The Ripper’ yang sejatinya milik band Australia, Hobb’s Angel Of Death.

Di tahun 2004 pula sejumlah tur dan event utama di Eropa menghadirkan Malevolent Creation sebagai band utama, diantaranya tampil untuk Rock Hard, With Full Force dan Up From The Ground di Jerman, Skeleton Bash di Austria, Fury Fest di Prancis, Graspop Metal Meeting di Belgia dan Rock the Nations di Istanbul Turki.

Oktober 2004 gitaris Phil Fascina dan mantan drummer band ini, Gus Rios bergabung sebagai anggaota tambahan untuk band power metal, Apocalypse Rising yang juga diisi oleh Alex Marquez dan Dennis Munoz. Semenetara itu di awal tahun 2005, vokalis Brett Hoffmann keluar dari bui dan membentuk band baru bertipikal deathcore, Down The Drain yang juga masih aktif bersama Hoffmann hingga sekarang. Di pertengahan tahun 2005 Malevolent Creation melakukan sejumlah tur bersama Origin, Divine Empire dan band deathcore Animosity dan pada bulan September mereka tampil di Puerto Rico yang didukung oleh Inflamatory dan Sepulchral sebagai band pembuka lokal. Di tahun ini juga mereka kembali kehilangan personil. Gitaris Rob Barret memilih keluar dari band untuk bergabung bersama Cannibal Corpse dan bassis Gordon Simms keluar dengan alasan yang kurang jelas. Kedua orang ini kemudian digantikan dengan mantan-mantan anggota band ini sendiri, yakni gitaris John Rubin dan bassis Jason Blachowicz.

Awal tahun 2006, band ini kembali ke Eropa dan melakukan beberapa konser bersama Bolt Thrower, Nightrage dan Necrophagist sekaligus bersuka cita dengan kembalinya sang vokalis asli Brett Hoffmann ke band ini. Selain itu mereka juga melakukan sejumlah konser bersama Carpathian Forest, Rotting Christ, Harm, Incantation dan Neuraxis.

Di tahun 2007 Malevolent Creation merilis album paling terbaru mereka dengan titel ‘Doomsday X’ yang di Amerika beredar mulai Januari. Di album ini gitaris Slipknot Mike Thomson turut memberi kontribusi di lagu Deliver My Enemy. Album baru ini direkam di Studio Mercury Recording di Florida yang dienjinering oleh Gus Rios.

Album baru mereka tersebut diisi oleh vokalis Brett Hoffmann, gitaris Jon Rubin dan Phil Fasciana, bassis Jason Blachowicz dan drummer Dave Culross. Dan album ini juga beredar di Indonesia lewat CSA Records yang merilisnya secara resmi pada pertengahan 2008.

Dan untuk pertama kalinya pula Malevolent Creation tampil di Indonesia di dua kota yakni tanggal 21 Maret 2009 di Surabaya dan 22 Maret 2009 di Jakarta yang dibuka oleh band death metal Bandung, Forgotten.

Line Up Sekarang :
Brett Hoffman (1987 - sekarang) – vokalis
Marco Martell – gitaris
Phil Fasciana (1987 - sekarang) – gitaris
Jason Blachowicz – bassis (sempat menjadi vokalis di tahun 1996/1997)
Fabian Aguirre – drummer

Labels:

0 comments:

Post a Comment